Cara Menghemat Baterai Android Yang Jarang Diketahui

Posted on

Cara menghemat baterai Android memang cukup ditulis di berbagai media, namun kebanyakan hanya itu-itu saja. Karena sebenarnya masih ada cukup banyak cara menghemat baterai Android lainnya dengan memperhatikan penggunaan berbagai fitur perangkat Android yang bervariasi. Biasanya cara menghemat baterai Android yang umum adalah mematikan koneksi internet, mematikan wifi dan mematikan fitur lainnya saat sedang tidak digunakan. Cara ini tentunya sudah banyak Anda ketahui dan mungkin telah dilakukan namun baterai Android masih tetap saja boros. Jika begitu, mungkin cara-cara dalam menghemat baterai gadget Android yang jarang diketahui berikut ini bisa Anda coba salah satunya.

Cara Menghemat Baterai Hp Android

Cara menghemat baterai Android

Hindari menggunakan aplikasi beriklan
Terdapat cukup banyak aplikasi Android yang bisa diinstal secara gratis dengan fitur yang bekerja penuh. Namun biasanya sebagai imbalannya adalah aplikasi tersebut akan menampilkan iklan saat sedang dijalankan. Penampilan iklan dalam aplikasi inilah yang dapat membuat baterai tablet atau smartphone Android lebih cepat habis. Karena aplikasi tersebut akan mengirimkan dan mengunduh lebih banyak data terkait dengan pemunculan iklan, misalnya pada iklan yang berbasis lokasi.

Kurangi penggunaan haptic feedback
Fitur haptic feedback ini adalah getaran atau vibrasi yang dihasilkan saat terjadi sebuah aktifitas atau interaksi dengan smartphone. Haptic feedback ini dihasilkan oleh sebuah motor kecil yang ada di dalam ponsel dan akan menimbulkan getaran. Untuk menggerakkan motor yang menimbulkan getaran ini tentu saja diperlukan daya baterai sehingga mengaktifkan terlalu banyak fitur ini untuk berbagai aktifitas di ponsel juga akan mempercepat habisnya daya baterai.

Melakukan underclocking
Untuk melakukan cara menghemat baterai Android yang satu ini memang membutuhkan proses rooting perangkat Android. Karena biasanya aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan underclocking seperti setCPU, CPU Tuner atau No-frills CPU membutuhkan hak akses sebagai root. Underclocking sendiri berlawanan dengan overclocking yang identik dengan “pemaksaan” pada kinerja prosesor. Sebaliknya, dengan metode underclocking ini Anda justru mengatur agar kecepatan CPU lebih rendah dari kecepatan maksimalnya, ini akan membuat perangkat lebih hemat daya.

Beberapa cara menghemat baterai Android yang jarang diketahui diatas bisa Anda coba dan bisa dirasakan seberapa efektif dibandingkan dengan cara-cara yang sudah biasa dilakukan. Semoga bermanfaat info diatas, terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *